MODAL USAHA



Usaha yang saya pilih pada tugas sebelumnya yaitu usaha yang berkaitan dengan bisnis kuliner khususnya berkaitan dengan Negara jepang. Dengan berbagai konsep yang dimiliki tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Dana tersebut dibutuhkan untuk sewa tempat usaha, pembelian peralatan, desain tempat, dan lainnya. Apalagi pangsa pasar yang saya tuju yaitu di daerah perkotaan seperti Jakarta, depok, dan bandung. Tentunya dengan pangsa pasar tersebut membutuhkan biaya sewa lahan yang besar. Modal usaha yang saya dapatkan untuk mendirikan usaha tersebut yaitu tidak sepenuhnya dana sendiri tetapi sebagian menggunakan dana pinjaman dari bank dan juga joint venture dengan kerabat dekat.

Dana pribadi tersebut diperoleh dari hasil tabungan pribadi dan penjualan beberapa asset guna memenuhi dana untuk pembuatan usaha ini. Selain dari dana sendiri tambahan dana dari kerabat yang tertarik ikut bergabung juga dapat menambah dana untuk melancarkan pembangunan bisnis ini. Jika dana sendiri dan tambahan joint venture masih belum terpenuhi maka saya akan melakukan pinjaman ke bank. Saya tidak mau melakukan peminjaman bank untuk seluruh biaya pembuatan usaha ini, karena terlalu berat jika harus melakukan pembayaran utang yang besar tiap tahunnya ke bank. Asumsi saya untuk modal sendiri dan joint venture sebesar 75% dan pinjaman ke bank sebesar 25%. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 KEBUDAYAAN KHAS DAERAH INDRAMAYU

pengertian generasi dan regenerasi

pengantar ilmu budaya dasar