BISNIS KUE PANCONG YANG MENGHASILKAN KEUNTUNGAN SELANGIT




Kue pancong merupakan jenis makanan tradisional yang berbahan dasar dari tepung beras, panganan tradisional ini sudah tidak asing lagi bagi lidah orang Indonesia, makanan ini terkenal dengan rasanya yang unik dan enak. Tidak disangka makanan ini dapat menghasilkan keuntungan yang besar hingga jutaan rupiah per harinya. Fakta mengenai kue pancong yang menghasilkan keuntungan besar tersebut telah dirasakan oleh teman saya yaitu Hari Saputro yang memiliki kedai kue pancong moluccas yang terletak di kelapa dua depok, di depan kampus H Universitas Gunadarma. “Alhamdulillah banyak pengunjung yang menikmati pancong Moluccas terutama para mahasiswa” kata Hari bercerita kepada saya.
            Kedai kue pancong Moluccas yang mulai dirintis oleh teman saya Hari yaitu sudah sejak 1 tahun yang lalu dan penghasilan bersih yang bisa dicapai perharinya bisa sampai 1 juta. Keuntungan yang sangat menjanjikan dari berjualan kue pancong. “satu hari bisa sampai satu jutaan kalo ramai bisa lebih dari itu” papar Hari. Hari menceritakan mengenai alasan dia berbisnis kue pancong dan modal yang dia pakai pertama kali untuk membuka kedai pancong. “peluang usaha yang menjanjikan, dari makanan sederhana bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan” paparnya. Dia juga menceritakan modal pertama untuk membuka kedai kue pancong yaitu sekitar kurang dari 15 juta. Modal tersebut sudah termasuk sewa tempat, pembelian set peralatan masak dan fasilitas lainnya.
            Hari juga tidak pelit untuk berbagi resep dalam pembuatan kue pancong. Dia menjelaskan bahwa bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue pancong sangat sederhana yaitu tepung terigu, gula, telur, dan mentega. Cara membuatnya juga sederhana yaitu dengan mencampur bahan-bahan tersebut dengan air secukupnya dan diaduk rata. Setelah pembuatan adonan kemudian proses pemasakan, proses pemasakan dilakukan dengan mengoleskan mentega kedalam cetakan kemudian masukan adonan kedalam cetakan. Angkat adonan yang sudah matang dan beri berbagai jenis toping seperti coklat dan keju.
            Saya menanyakan mengenai harapan ke depan dari usaha yang dirintis Hari dan dia menjawab, “Harapannya agar bisa memperluas usaha dengan membuka berbagai cabang di beberapa daerah di jabodetabek”. Dari pemaparan diatas bisa disimpulkan bahwa  untuk membuka sebuah peluang usaha bisa dilihat dari sesuatu hal yang kecil seperti kue pancong ini. dengan membuka usaha kue pancong selain dapat keuntungan yang besar, juga dapat melestarikan makanan tradisional Indonesia agar tetap dikenal oleh banyak orang.
Terima Kasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 KEBUDAYAAN KHAS DAERAH INDRAMAYU

pengertian generasi dan regenerasi

pengantar ilmu budaya dasar